PALATIKA

@palatika

Official Instagram Pecinta Alam STMIK jakarta STI&K "Tetap 1 Dalam Tekad"

Images and videos by PALATIKA

yukk temukan alat alat traveling kamu, dengan promo yang menarik cuman di indonesian outdoor festival 2017.The outdoor adventure and travel exibition.
#indofest #indofest2017  #travel #travelbag #traveling #adventure #adventuretime #climbing #rafting #hikingadventures

yukk temukan alat alat traveling kamu, dengan promo yang menarik cuman di indonesian outdoor festival 2017.The outdoor adventure and travel exibition.
#indofest #indofest2017 #travel #travelbag #traveling #adventure #adventuretime #climbing #rafting #hikingadventures

💬 2Normal

Selamat datang Bayu Purnama di keluarga besar PALATIKA, Tetap 1 dalam tekad ~ 💪

Selamat datang Bayu Purnama di keluarga besar PALATIKA, Tetap 1 dalam tekad ~ 💪

💬 3Normal

Nah ngomong – ngomong saat hiking nih anak backpacker sekalian, biasanya kalo makan gimana sih? Pastinya menu nasi putih menjadi pilihan utama donk ya? Cuma, di atas gunung kan jarang yang jualan nasi putih, mau gak mau harus masak sendiri

Cara Memasak Nasi Dengan Nesting

Outdoor Cooking
Udah tau nesting itu apa, nah sekarang kita mulai proses memasak nasinya…

Pertama : yang perlu kalian persiapkan adalah; nesting, kompor portable, gas, beras dan air secukupnya (tergantung jumlah porsi yang diinginkan). Kalau gak ada kompor gimana? Waduh agak repot tuh. Paling kompor paraffine, atau kayu bakar + minyak tanah (buat yang paling emergency)

Kedua : masukkan nasi ke sebuah wadah (bisa pake nesting juga), trus tuang air. Gunanya ini untuk membilas beras yang hendak kalian masak. Adapun untuk takarannya kira – kira perbandingannya itu 1 : 2. Artinya 1 gelas air buat 2 gelas beras.  Untuk menakar berapa banyak porsi perorang itu kira – kira ½ gelas akua untuk 1 porsi. Sesudah itu kalian bilas hingga 3 – 5 kali sampe bener – bener bersih dan bening. Disarankan sih masaknya deket aliran sungai biar gak kehabisan air :p

Ketiga : panaskan air (sejumlah takaran tadi), kemudian masukkan beras kedalam nesting. Tunggu sekitar 7 – 12 menit, atau sampai benar – benar mendidih. Pake apinya yang agak besar ya biar lebih cepet mendidih

Keempat : setelah mendidih, buka tutup nestingnya trus aduk – aduk hingga berulang kali. Gunanya biar airnya meresap ke beras dan biar lebih pulen.

Kelima : setelah diaduk – aduk dan udah dipastikan merata airnya, kita sekarang masuk ke proses menanak nasi. Caranya tutup lagi nestingnya. Kemudian kecilkan apinya. Kira – kira butuh waktu sekitar 10 – 15 menit untuk menunggunya. Ohya jenis beras juga mempengaruhi lho lamanya waktu memasak dan menanak. Kalau normalnya ini dengan beras putih, namun kalau menggunakan beras ‘Pecah Kulit’ bisa dua kali lebih lama.

Keenam : bila nasi telah matang, matikan api dan buka tutupnya. Aduk nasi dengan sendok, dan biarkan beberapa saat agar nasi menjadi tidak basah, seperti tekstur ketika nasi dikukus dengan rice cooker. And… selamat makan

Nah ngomong – ngomong saat hiking nih anak backpacker sekalian, biasanya kalo makan gimana sih? Pastinya menu nasi putih menjadi pilihan utama donk ya? Cuma, di atas gunung kan jarang yang jualan nasi putih, mau gak mau harus masak sendiri

Cara Memasak Nasi Dengan Nesting

Outdoor Cooking
Udah tau nesting itu apa, nah sekarang kita mulai proses memasak nasinya…

Pertama : yang perlu kalian persiapkan adalah; nesting, kompor portable, gas, beras dan air secukupnya (tergantung jumlah porsi yang diinginkan). Kalau gak ada kompor gimana? Waduh agak repot tuh. Paling kompor paraffine, atau kayu bakar + minyak tanah (buat yang paling emergency)

Kedua : masukkan nasi ke sebuah wadah (bisa pake nesting juga), trus tuang air. Gunanya ini untuk membilas beras yang hendak kalian masak. Adapun untuk takarannya kira – kira perbandingannya itu 1 : 2. Artinya 1 gelas air buat 2 gelas beras.  Untuk menakar berapa banyak porsi perorang itu kira – kira ½ gelas akua untuk 1 porsi. Sesudah itu kalian bilas hingga 3 – 5 kali sampe bener – bener bersih dan bening. Disarankan sih masaknya deket aliran sungai biar gak kehabisan air :p

Ketiga : panaskan air (sejumlah takaran tadi), kemudian masukkan beras kedalam nesting. Tunggu sekitar 7 – 12 menit, atau sampai benar – benar mendidih. Pake apinya yang agak besar ya biar lebih cepet mendidih

Keempat : setelah mendidih, buka tutup nestingnya trus aduk – aduk hingga berulang kali. Gunanya biar airnya meresap ke beras dan biar lebih pulen.

Kelima : setelah diaduk – aduk dan udah dipastikan merata airnya, kita sekarang masuk ke proses menanak nasi. Caranya tutup lagi nestingnya. Kemudian kecilkan apinya. Kira – kira butuh waktu sekitar 10 – 15 menit untuk menunggunya. Ohya jenis beras juga mempengaruhi lho lamanya waktu memasak dan menanak. Kalau normalnya ini dengan beras putih, namun kalau menggunakan beras ‘Pecah Kulit’ bisa dua kali lebih lama.

Keenam : bila nasi telah matang, matikan api dan buka tutupnya. Aduk nasi dengan sendok, dan biarkan beberapa saat agar nasi menjadi tidak basah, seperti tekstur ketika nasi dikukus dengan rice cooker. And… selamat makan

💬 0Normal

Cieee yg lagi nembak ~ 
Nembak nembak screen maksudnya wkwkwkwk 😁

Cieee yg lagi nembak ~
Nembak nembak screen maksudnya wkwkwkwk 😁

💬 3Normal

Belajar nyablon yuuk 🙋

Belajar nyablon yuuk 🙋

💬 0Normal

Tester ke 2 penyebrangan kering ~

Tester ke 2 penyebrangan kering ~

💬 1Normal
At Stmik Jakarta

Proses pemasangan anchor penyebrangan kering ~

Proses pemasangan anchor penyebrangan kering ~

💬 2Normal
At Stmik Jakarta

Tampang lelah dan korban pertama dari penyebrangan kering 😁

Tampang lelah dan korban pertama dari penyebrangan kering 😁

💬 0Normal
At Stmik Jakarta

JAYA !!!

JAYA !!!

💬 0Normal
At Bukit Alesano

#Repost @eldofnl with @repostapp
・・・
Mencintai pagi .. bangunnya siang 😄

#Repost @eldofnl with @repostapp
・・・
Mencintai pagi .. bangunnya siang 😄

💬 0Normal

#waterfall

#waterfall

💬 0Normal

Mars pendidikan

Mars pendidikan

💬 0Normal

#swimming

#swimming

💬 0Normal
At Bintaro Jaya sektor 3

Ular ini namanya david, dia lagi ikutan materi kelas navigasi darat

Ular ini namanya david, dia lagi ikutan materi kelas navigasi darat

💬 0Clarendon

💬 0Normal

Keluarga besar palatika

Keluarga besar palatika

💬 1Normal

Kegabutan di sekre dj dulu kuy....
.
.
.
.
.
.
.
Video by @ndayyy02
Model video by Eldo dan yudhi

Kegabutan di sekre dj dulu kuy....
.
.
.
.
.
.
.
Video by @ndayyy02
Model video by Eldo dan yudhi

💬 5Gingham

Dirgahayu Palatika ke 27.

Dirgahayu Palatika ke 27.

💬 0Normal

Survey untuk camping ceria🙌

Survey untuk camping ceria🙌

💬 0Juno

Puncak MAHAMERU 3676 mdpl

Puncak MAHAMERU 3676 mdpl

💬 0Juno

Uruk uruk tanah

Uruk uruk tanah

💬 0Juno

Sibuk sendiri

Sibuk sendiri

💬 0Juno

Lagi proses pembuatan bale ni kawan

Lagi proses pembuatan bale ni kawan

💬 0Juno

Dahar dulu ni😁

Dahar dulu ni😁

💬 0Juno

Sebaik-baik nya seorang petualang adalah menjadikan perjalanan sebagai tempat terbaik dan tempat terindah untuk menimba ilmu

Sebaik-baik nya seorang petualang adalah menjadikan perjalanan sebagai tempat terbaik dan tempat terindah untuk menimba ilmu

💬 0Clarendon

Persiapan rapeling ni, tetap semangat kawan

Persiapan rapeling ni, tetap semangat kawan

💬 0Juno

Bersantai ria kala menuju senja

Bersantai ria kala menuju senja

💬 0Juno

Rapelingan dulu kuyy

Rapelingan dulu kuyy

💬 0Clarendon

Suasana sekre palatika lagi belajar tali menali😁

Suasana sekre palatika lagi belajar tali menali😁

💬 0Juno

Pengembaraan MT.Merbabu🗻
.
.
.
.
.
.
#pendakikusam_ #pendaki #pendakian #pengembaraan #pendakisantay #kabutlembut #pesonapendaki

Pengembaraan MT.Merbabu🗻
.
.
.
.
.
.
#pendakikusam_ #pendaki #pendakian #pengembaraan #pendakisantay #kabutlembut #pesonapendaki

💬 0Lark